Minggu, 10 Juni 2012

Tips sederhana memilih modem dan provider

memilih modem dan provider
Internet, online, tentu saja di jaman sekarang sudah menjadi hal yang sangat dibutuhkan, apalagi bagi mahasiswa, tidak kalah juga sekarang siswa-siswa SD harus mengenal internet karena harus mengerjakan tugas dengan materi yang harus didapat dari internet. 
Daripada bertele-tele, langsung saja ya, entar malah tambah pusing deh. 


Memilih Modem: 

1. Kebutuhan Tempat
Koneksi internet mau dipakai dimana? itu pertanyaannya. 
==> Rumah
Jika hanya butuh koneksi internet dirumah saja dan juga sudah memiliki saluran telepon rumah sendiri, silahkan pakai Speedy (bukan iklan lho), saya jamin tidak akan terganggu dengan yang namanya cuaca. Tapi, kalau tidak memiliki saluran telepon bagaimana? Silahkan memilih modem USB.
==> Rumah dan Kantor
Dirumah ada komputer, dikantor juga ada tapi tidak terkoneksi internet. Nah, kalau untuk yang satu ini silahkan memilih modem yang jenis USB aja, karena fleksibel, bisa dipakai dirumah juga bisa dipakai di kantor.
==> Rumah, Kantor/Kampus, dan ditempat lain
Waduh banyak banget tempatnya untuk online, tapi tenang ada solusinya. Punya laptop/netbook? Kalau punya, bisa memilih modem USB. Kalau tidak punya???? Dirumah ada komputer, tapi laptop/netbook tidak punya. Gampang bro/sis, pakai aja HP modem beres kan???

2. Kebutuhan Kecepatan
==> ASDL
Secara umum, kecepatan download adalah 400 untuk 650 KBps per detik dan untuk upload kecepatan 128 untuk 256 KBps. Untuk speedy dari 384 KBps-3MBps, tergantung paket yang dibeli. Silahkan cek di paket harga telkom speedy.
==> GSM
GPRS  56 kbps – 115 kbps
EDGE  384 KBps
UMTS(3G) 480 KBps
HSDPA (3,5G) secara teori sama dengan 3G, tapi kalo dipraktekkan hasilnya lebih bagus, cari di wikiped malah 4,1MBps - 14,4MBps

==>CDMA
CDMA1x EVDO 153 KBps
EVDO Rev. A (DL: Up To 3,1Mbps ; UL : Up To 1,8 Mbps)
EVDO Rev. B (DL: Up To 9,3Mbps ; UL : Up To 5,4 Mbps)
EVDO Rev.B Phase II (DL: Up To 14.7 Mbps ; UL : Up To 5,4 Mbps

3. Budget Kantong 
Harga modem saat ini banyak yang murah dari yang 99rb sampai beribu-ribu, saran saya adalah jangan memilih modem yang harganya terlalu murah, karena lebih cepat panas kalau dipakai. Modem panas jadinya sinyal susah dan juga lebih cepat rusak. Lebih baik memilih modem yang harganya tidak terlalu mahal dan tidak murah sekali. Sekarang juga banyak modem yang bundling dengan provider. Harganya pun lumayan terjangkau, akan tetapi, jika ingin ganti provider tidak bisa.

Memilih Provider
Di Indonesia provider sudah banyak dari yang paling tua TELKOMSEL lanjut Indosat, XL, dan lain sebagainya. Untuk memilih salah satu provider kita juga harus sama dengan modem yang kita pilih, jika kita pakai modem GSM tentu kita juga harus memilih provider GSM, begitu juga dengan yang CDMA. Salah satu hal yang terpenting adalah sinyal. Jika kita memilih provider GSM, tentu ingin mendapatkan sinyal kecepatan akses tertinggi misalnya HSDPA(3,5G). Untuk mengetahuinya ada cara yang mudah, tanya pada tetangga atau temen yang punya hp atau modem yang support 3,5G, sinyal untuk 3,5G stabil apa tidak. Dan tentu saja tidak lupa mempertimbangkan harga, perdana, paket. Untuk paket harga internet silahkan cari di mbah google dengan keyword "harga paket internet xl" (misalnya). Silahkan memilih provider yang sesuai dengan budget anda dan juga sinyal sampai di rumah (hehehe).

Sekian Tips Memilih Modem dan Provider dari saya, semoga bermanfaat. Tidak lupa saya minta maaf jika ada kesalahan dalam penulisan, salah kata salah ucap. Ilmu yang barakah adalah ilmu yang bermanfaat bagi orang lain.