Senin, 11 Juni 2012

Open Ofiice Alternatif Pengganti Microsoft Office

Punya kerjaan/tugas yang butuh program office, tapi tidak punya Microsoft Office, hmn. Solusinya adalah pakai software yang gratis. Memang tidak diragukan lagi jika Microsoft Office fiturnya sangat bagus, akan tetapi harganya juga bagus banget. Bikin kantong bolong, ya apa tidak??? Yang gratis aja deh, apa aja tuh. Nih dia beberapa Alternatif Pengganti Microsoft Office, yaitu OpenOfficeOrg, Kingsoft Office 2007, OxygenOffice Professional, Abi Word, IBM Lotus Shympony, KOffice.


Dari beberapa Alternatif Pengganti Microsoft Office diatas, saya hanya akan membahas OpenOfficeOrg karena saya sendiri sudah sering menggunakannya. Jika tertarik dengan Alternatif Pengganti Microsoft Office yang lain dan pengen menggunakannya silahkan anda cari di Mbah Google. OpenOfficeOrg, aplikasi ini dibangun oleh SUN microsystem berbasis Star Office yang memiliki fitur serta fungsionalitas menyamai Microsoft Office. Aplikasi office standar semacam word processor, spreadsheet, presentasi dan gambar sudah tercakup di dalamnya. Salah satu fitur unik yang ditawarkan OOO adalah ekspor dokumen ke format PDF.

Deskripsi Produk Open Office
Kompatibel dengan pengaturan utama program office lain, Apache OpenOffice bisa di download dengan gratis, digunakan dan disebarluaskan. Download sekarang dan anda akan mendapatkan :
Writer pengolah kata dapat Anda gunakan untuk apapun dari menulis surat cepat untuk memproduksi sebuah buku.
Calc spreadsheet yang kuat dengan semua perangkat yang diperlukan untuk menghitung, menganalisis, dan menyajikan data dalam laporan numeris atau grafik mendesis.
Impress  tercepat, cara paling ampuh untuk membuat presentasi multimedia yang efektif.
Draw memungkinkan Anda menghasilkan segala sesuatu mulai dari diagram sederhana untuk ilustrasi 3D yang dinamis.
Base memungkinkan Anda memanipulasi database mulus. Membuat dan memodifikasi tabel, form, query, dan laporan, semua dari dalam OpenOffice Apache.
Math  memungkinkan Anda membuat persamaan matematika dengan antarmuka pengguna grafis atau dengan langsung mengetikkan formula ke dalam editor persamaan

Beberapa kelebihan OpenOfficeOrg adalah, yang pertama dan utama gratis tentunya, mudah digunakan, familiar, orang yang baru pertama pun lebih mudah untuk menggunakannya, bisa di ubah ke format lain misalnya *.docx, pengguna sudah buanyak banget, dari yang kantoran sampai yang sekolahan, boleh di sebar luaskan, karena lisensi free, tidak seperti Microsoft Office, satu lisensi hanya untuk satu PC.

Nah selesai sudah penjelasan Tutorial Komputer Mengenai Open Office Alternatif Pengganti Microsoft Office, kebetulan beberapa penjelasan saya ambil langsung dari website OpenOffice.org dan saya terjemahkan sesuai kemampuan saya. Jika ada salah kata dan salah ucap mohon dimaafkan, dan apabila berkenan silahkan tinggalkan komentar. Happy Blogging