Sabtu, 02 Juni 2012

TUTORIAL MEMBUAT HALAMAN BERBEDA PADA MICROSOFT WORD 2007




Seringkali disaat kita membuat sebuah laporan ataupun menyusun skripsi kita disuguhkan aturan-aturan pembuatan dokumen tersebut. Dari jenis huruf, ukuran hurup, dimensi kertas, paragraph, halaman, dan lain sebagainya. Pada Tutorial Membuat Halaman Berbeda ini, saya hanya akan membantu dalam hal pembuatan nomor halaman, terutama penomoran halaman yang berbeda.

Langsung saja kita mulai, pertama-tama kita pisahkan dulu dari jenis halamanya, biasanya saya pisahkan menjadi 3 bagian:
1. Bagian awal
Di dalam bagian ini terdiri dari halaman judul, kata pengantar, sampai dengan daftar isi
2. . Bagian isi
Di dalam bagian ini terdiri dari Bab 1 sampai bab akhir
3. Bagian akhir
Di bagian akhir ini terdiri atas daftar pustaka dan lampiran-lampiran

Sebuah dokumen, pengaturan asli dari Ms Word hanya menggunakan satu section, dan jika kita ingin membuat halaman berbeda dari sebuah dokumen maka kita harus membuat dokumen kita mempunyai banyak section, untuk melihatnya kita hanya perlu membuka bagian atas/kepala dari sebuah halaman yang disebut dengan header dan bagian bawah/kaki dari sebuah halaman yang disebut dengan footer. Untuk melihatnya kita hanya perlu menaruh kursor pada bagian tersebut.

Gambar 1. Header dan Footer

Pada pengaturan awal hanya ada header dan footer, maka untuk membuat halaman berbeda dari sebuah dokumen maka kita harus membuat beberapa section, cara yang paling mudah adalah dengan menambahkan section breaks, letakan cursor pada akhir dari bagian pertama misal di daftar isi yang paling ujung bawah atau di awal judul bab 1, selanjutnya buka tab Page Layout  klik Breaks  Next page