Kamis, 31 Mei 2012

PENANGKAL PENYUSUP PENGUNCI KOMPUTER


Komputer oh komputer, kalau diomongin tidak pernah ada habisnya, dari Netbook, Notebook, sampai PC. Bagaimanapun juga komputer adalah barang pribadi yang tidak sembarang orang boleh menggunakannya selain diri kita sendiri. Kita tentu tidak mau apa yang ada di komputer kita diketahui oleh orang lain. Nah pada kesempatan ini saya coba sharing Tutorial Komputer mengenai beberapa cara untuk mengunci komputer kita.
Mengunci komputer disaat kita tidak berada di depan komputer, akhirnya menjadi mutlak dilakukan kalau tidak ingin orang lain menyusup ke komputer kita. Lalu, bagaimana caranya mengunci komputer kita agar aman dari penyusup?
Nah, ada banyak cara mengunci komputer kita, diantaranya dengan menggunakan fitur dari windows. Caranya dengan menekan tombol WIN+L (tombol gambar logo windows + tombol huruf L) dengan sendirinya windows otomatis akan kembali ke jendela Log On, yang selanjutnya kalau ingin masuk lagi ke windows harus mengetikkan dahulu password user tersebut.
Namun mengunci komputer bisa juga dengan menggunakan program lainnya yang bukan bawaan windows (Third party). Di antaranya adalah Mouse Lock, yaitu sebuah program gratisan alias program ‘open source’. Perangkat kecil ini akan meredupklan desktop dan mencunci kursor mouise kita di tengah layararea dimana kita diperintah untuk memasukkan password untuk membuka kunci tersebut. Gampangnya, Mouse Lock ini seperti perangkap tikus. Mouse Lock ini bisa di download di Mouse Lock
Mouse Lock ini amat layak diandalkan dan bakal mengunci juga tombol CTRL+ALT+DEL, dan mencatat setiap kata kunci yang salah dimasukkan oleh penusup yang memaksa masuk ke komputer kita dengan mengetikkan sembarang kata kunci.
Berikutnya adalah Kid-Key-Lock, yaitu sebuah program yang bisa mengunci tombol keyboard dan mouse, tentu untuk mencegah user nakal yang tidak sengaja menekan tombol yang tidak diharapkan di keyboard dan mouse kita. Kid-Key-Lock dengan mudah bisa diakses di system-tray windows, dan semua opsi pilihan jenus kinci mudah diakses dari menu pop-up (bisa di download di  Kid Key Lock
Selanjutnya adalah Quark, alat keamanan dengan gaya Matrix yang melindungi komputer dari akses tidak sah dengan mengunci layar dan menolah setiap interaksi user sampai password yang benar dimasukkan. Layar ini penuh dengan deretan karakter berwarna hijau dengan kotak password berkedip-kedip di latar depannya.
Selaras efek visual dengan teknologi canggih, efek suara robot yang bisa denganrkan selama mengunci mengetik dan membuka kunci. Untuk mengaktifkan Quark, kita harus mengklik dua kali di Qload.exe dan mengatur sandi kita. Selanjutnya klik dua kali di Quark.exe untuk mengunci layar. Kalau layar sudah terkunci, kita tidak bisa mengakses aplikasi dari komputer. Malah, menekan tombol CTRL+ALT+DEL saja juga tidak  bisa. Quark bisa di download di Quark
Dan yang terakhir adalah predator, yaitu utilitas gratis yang bisa kita manfaatkan untuk mengunci komputer kita dengan menggunakan flash disk USB sebagai kuncinya, untuk memulai menjalankan Predator, kita harus menginstal dulu kunci di flash disk. Selama flash disk dicolokkan di komputer, komputer kita tidak mengunci. Namun manakala flash disk kita dicabut, komputer kita bakal mengunci.
Tentu saja keyboard dan mouse tidak aktif dan layar pun gelap. Tidak ada cara lain untuk bisa mengakses PC, kecualai hanya mencolokkan flash disk lagi ke komputer kita. Setelah flash disk kembali dicolokkan, komputer kita bisa dibuka lagi. Predator juga bakal me-log semua peristiwa di sebuah file.log, sehingga kita bisa tahu apa ada penyusup yang mencoba masuk ke komputer kita, atau keluar dari prigram. Ini yang membuat Predator memanjakan, kita bisa mengunci sejumlah PC dengan menggunakan flash disk tunggal. Penasaran?  Predator bisa didownload di
Begitulah sejumlah cara untuk mengamankan PC atau komputer kita jika kita meninggalkan kantor, kamar atau di manapun. Dengan pengaman diatas tak perlu khawatir lagi ke komputer kita disusupi user lain. Semoga bermanfaat.

Keyword:
    Pengunci Komputer
    Tutorial Komputer
  Mouse Lock
  Kid-Key-Lock
  Quark
  Predator

Sumber : Harian Kedaulatan Rakyat, Senin Pahing 28 Mei 2012 (7 Rejeb 1945)