Minggu, 26 Februari 2012

Cara Mengatasi Komputer Hang Dan TipsPencegahannya

Salam hangat dari anak stembayo

Selamat gini hari Agan-agan
Pada kesempatan ini diri ini ingin menjelaskan bagaimana Cara Mengutek-utek Komputer Hang dengan mudah dan cepat, dan juga tips trik dan solusi untuk mengatasi komputer yang sering hang.

Cara Mengutek-utek Komputer Hang
Mungkin anda pernah mengalami ketika komputer dinyalakan pertama kali semuanya berjalan lancar, tapi beberapa menit kemudian komputer menjadi lambat dan kemudian komputer menjadi hang atau macet total, nggak bisa diapa-apain. Satu satunya cara adalah mereset komputer secara paksa kemudian komputer dinyalakan kembali, tetapi setelah beberapa saat komputer menjadi hang lagi, anda tentunya merasa kesal sebenarnya apa yang terjadi ?

Sebenarnya banyak faktor yang bisa membuat komputer menjadi melambat atau bahkan hang. Berikut ini adalah beberapa pengalaman saya ketika memperbaiki komputer yang hang.

   => Komputer hang karena CPU kepanasan
Sebagian komputer menjadi hang, karena sistem pendingin pada CPU tidak berjalan dengan baik. Untuk menanggulangi hal ini ada beberapa cara yang bisa kita lakukan :
  1. Buka heatsing dan kipas processor secara hati - hati.
  2. Bersihkan sirip-sirip pendingin dan fan processor dari debu, kalau fan macet beri minyak pelumas sedikit pada bagian poros kalau perlu ganti fan dengan yang baru.
  3. Bersihkan thermal paste yang sudah kering yang menempel pada processor dan heatsink, ganti dan oleskan thermal paste yang baru.
  4. Masukan lagi processor, heatsink serta fan kedalam dudukannya secara hati-hati.
  5. Perhatikan posisi heatsink (pendingin) dan kipas Processor, pastikan kondisi Heatsing sudah terpasang secara benar terutama untuk tipe Heatsing untuk Processor socket LGA, perhatikan kondisi tiap-tiap sekrup yang terpasang.
   => Komputer hang karena Power Supply kekurangan daya
Ada kalanya juga komputer hang karena Power Supply yang sudah rusak, meskipun tidak menyebabkan mati total, kekurangan daya pada power supply bisa menyebabkan kinerja komputer melambat bahkan komputer menjadi hang dan beberapa peralatan USB tidak terdeteksi atau tidak berfungsi.
 
  => Komputer hang karena hardisk bad sector
Saya pernah mengalami kejadian dimana setelah Windows booting semua tampak berjalan normal, tetapi ketika membuka sebuah dokumen dan mulai bekerja, tiba-tiba mouse dan keyboard diam, komputer menjadi hang!!!. Sayapun kemudian mencopot hardisk tersebut dan memasangkannya pada komputer lain kemudian menjalankan program checkdisk untuk memeriksa dan memperbaiki keruksakan pada  hardisk tersebut. Setelah hardisk selesai diperbaiki kemudian dipasangkan kembali pada komputer sebelumnya dan Alhamdulillah kondisi komputerpun normal kembali.

  => Komputer hang karena VGA Card rusak
Beberapa komputer juga mengalami hang karena terdapat keruksakan pada katu VGA-nya. Hal ini juga pernah saya alami ketika seorang teman mengeluhkan kondisi komputernya yang tiba-tiba aja menjadi sering hang. Setelah saya cek ternyata heatsink pada kartu VGA terasa panasnya tidak normal, untuk itu sayapun kemudian mengganti kartu VGA tersebut dan ternyata setelah kartu VGA saya ganti kondisi komputer menjadi normal kembali.
 
  => Komputer hang karena koneksi LAN
Untuk komputer yang terhubung ke jaringan, kadang kala terasa berat ketika mengakses data dari komputer lain, program berjalan lambat dan akhirnya komputer seakan-akan menjadi hang. Untuk memastikan komputer hang karena koneksi jaringan (LAN), lepaskan dulu kabel jaringan pada komputer kemudian jalankan komputer seperti biasa. Apabila semua berjalan secara normal dapat dipastikan komputer hang karena koneksi jaringan.
Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah:
  • pastikan konektor RJ45 terpasang dengan benar, bila perlu lakukan crimping ulang.
  • gunakan perintah ping untuk memeriksa koneksi jaringan
    contoh perintah: ping -l 200 192.168.0.1
  • lakukan reset pada hub (switch) LAN, caranya bisa dengan mencabut kabel power Hub/Switch tersebut, tunggu beberapa saat kemudian masukan kembali.
  • cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan memindahkan kabel jaringan dari port yang satu ke port yang lain (biasanya ada beberapa port dalam hub yang menjadi rusak karena masalah-masalah tertentu).
  • troubleshooting yang juga bisa kita lakukan adalah dengan mengganti kartu jaringan (LAN Card) dengan yang baru.



Tips Pencegahan Komputer Hang
  => Sistem Operasi (OS) yang Rusak 
Langkah yang efektif untuk OS rusak atau bermasalah adalah install ulang sistem operasinya (OS), akan tetapi lebih baiknya bila kita tahu pasti masalah pada sistem operasi (OS) kita, sehingga kita bisa selesaikan permasalahan tersebut, entah itu masalah crash dengan software atau terinfeksi virus.
 
  => RAM yang bermasalah
Permasalahan RAM sering kali ada pada kaki / soket tembaga yang kotor, bersihkan kaki tembaga tersebut dengan cara di gosok menggunakan penghapus pensil supaya kotoran yang menempel bisa hilang, kalo dibagian IC nya ada debu lebih baik dibersihkan. Biar keliatan ganteng gan


   => Hardisk yang tua atau cacat
Hardisk yang tua atau yang bermasalah sebaiknya partisi ulang atau Format FULL, dan sebelum melakukan itu backup dulu datanya, daripada kita cuma bisa nyengir kalo kita kehilangan data2 penting kita. Akan tetapi untuk hardisk cacat (baru) sebaiknya segera di tukarkan sebelum masa garansi habis.

   => Power Supply Drop
Kerusakan pada power supply banyak diakibatkan pada panasnya suhu pada power supply dan juga tegangan listrik kita dibawah normal, untuk pencegahan panas power supply tempatkan PC pada tempat yang mempunyai sirkulasi udara yang bagus untuk power supply dan juga bersihkan debu yang menempel  maksimal 2 bulan sekali. dan untuk mengatasi tegangan yang drop dibawah normal, sebaiknya kita pasang Stabilisator yang pake servo (Recomended) plus pake UPS (kalo ada budget)

  =>  Motherboard Rusak
Untuk motherboard jika sudah banyak komponen yang terbakar lebih baiknya kita ganti motherboard tersebut karena bila kita ganti dengan part yang di jual di pasaran tidak akan bertahan lama dan juga berdampak buruk pada processor

  =>  Debu dan kotoran
Permasalahan sepele ini sering kali kita lupakan, sebaiknya kita jadwal maksimal 2 bukan sekali untuk melakukan pembersihan debu dan kotoran di Komputer kita, agar performa komputer tidak terlalu menurun.


  => Program dan data di Drive C:
Nah, yang satu ini sering kali kita abaikan, terkadang kita pasang program banyak banget, padahal kita tidak tahu kegunaannya, dan juga terkadang kita nyimpen file masih ada di My Documents tentu saja itu kalo belum di rubah masih ada di Drive C:, untuk mengurangi resiko hang, uninstall aja program2 yang sudah tidak kita pakai atau yang kita sendiri tidak tahu itu pogram buat apa. Dan juga jangan sampai ketinggalan, data-data yang masih ada di Drive C: pindah semua ke Drive D: atau yang lain, jadi optimalkan Drive C: hanya untuk program saja, Dokumen di Drive selain C:


Semoga beberapa masalah dan solusi tersebut dapat membantu untuk pencegahan komputer kita jadi ngambeg alias hang, bukannya lebih baik anda lakukan sekarang, karena mencegah lebih baik dari mengobati.