Rabu, 18 Januari 2012

35 FITRAH WANITA

1. Halus Perkataannya
Tabiat atau fitrah wanita adalah berperasaan halus sehingga untuk dapat bergaul baik dengan mereka, perilaku yang tepat adalah lemah lembut.

2. Tidak Menyukai Kekerasan
Laki2 dalam memperlakukan wanita hendaknya selalu menggunakan langkah/cara2 yang baik. Jika wanita melakukan  kesalahan, laki2 hendaknya meluruskan dengan tindakan yang tidak kasar/keras juga tidak lunak tetapi tindakan tengah2. Karena tindakan yang kasar akan membuat wanita merasa takut dan terancam, sedangkan dengan tindakan yang lunak wanita akan mengabaikannya baik itu nasehat maupun teguran tsb karena dianggap tidak serius.
Hadits: “….Nasihatilah kaum wanita karena wanita itu diciptakan dari tulang rusuk dan tulang rusuk yang paling bengkok adalah bagian atasnya. Jika engkau keras dalam meluruskannya, engkau akan mematahkan dia. Akan tetapi jika engkau biarkan dia, niscaya ia akan tetap bengkok. Oleh karena itu, berilah nasehat (baik2) kepada kaum wanita.”(HR Bukhori)

3. Besar rasa Malunya
Jika orang tua berususan dengan anak2 wanita yang masih perawan, janganlah mengharapkan jawaban2 yang terus terang dalam bentuk kata2 seperti kebiasaan kaum laki2.
Kaumlaki2 hendaknya menyadari bahwa rasa malu yang sangat besar pada wanita2 perawan menyebabkan mereka sulit untuk mengungkapkan kehendak hatinya dengan terus terang.
Mereka hendaknya cukup tanggap dg sikap diamnya bahwa wanita tsb menyatakan setuju atau mau dan apabila menolak/ tidak setuju menyatakan sikapnya dg menangis.
Dalam urusan lainpun, umumnya wanita juga bersikap sama yaitu diam kalau setuju dan menangis kalau tidak setuju. Untuk meminta sesuatu pun tidak berterus terang ttp menggunakan cara sindiran. Orang yang memahami kejiwaan wanita akan segera dapat menangkap apa yang dimaksud oleh wanita bersangkutan dengan sindirannya.

4. Menyukai kerapian, keindahan dan kebersihan
Kaum wanita menyukai penampilan rapi, pakaian bersih, perhiasan yang menarik dan bau yang harum. Mereka tidak menyukai laki2 berpakaian kumal dengan rambut acak2an, badan kotor dan berbau. Hal ini menunjukkan bahwa sifat fitrah wanita adalah menyukai hal2 yang rapi, bersih, indah, harum dan menarik.

5. Gemar perhiasan dan pakaian bagus
Kaum wanita umumnya mempunyai fitrah menyukai perhiasan emas dan perak, pakaian yang bagus dan hadiah yang bagus terutama maskawin jk hendak dinikahkan.
Hal ini terbukti dalam kehidupan sehari2 betapa ramainya pasar tempat2 belanja menyediakan berbagai macam perhiasan emas dan perak serta pakaian dan berbagai barang mewah mengundang wanita banjir mendatanginya.
Karena sifat tsb hendaknya kaum laki2 dianjurkan memberi apa yang menjadi kegemarannya tetapi harus tetap dalam batas wajar dan tidak berlebihan sehingga tidak memicu keserakahan.

6. Gemar mempercantik diri (bersolek)
Wanita mempunyai sifat suka mempercantik diri agar tampil mempesona. Untuk itu mereka berusaha dengan segala cara sekalipun cara itu haram seperti mencabut bulu mata membuat tahi lalat palsu, pakai susuk dsb.
Islam tidak melarang kaum wanita berdandan selama hal itu dilakukan di rumah suaminya dan untuk suaminya dan diharamkan berdandan bila dilakukan di tempat lain / untuk orang lain.

7. Gemar memakai wangi2an
Wanita diperbolehkan memakai wangi2an selama did lm rumahnya sendiri dan di lingkungan suami dan anak2nya.
Sedangkan di luar rumah sekalipun ketika pergi ke masjid diharamkan. Hal ini untuk membatasi keinginan wanita untuk memakai wangi2an secara bebas, karena wanita memang mempunyai sifat suka memakai wangi2an.

8. Menyukai wajah tampan
Fitrah wanita dari dulu senang kepada wajah  laki2 tampan shg wanita akan tergoda dengan ketampanannya sebagaimana halnya laki2 suka kepada wajah wanita cantik shg tergoda dg kecantikannya. Wanita pun dapat terdorong untuk melakukan hal2 yang tercela karena tergoda oleh wajah tampan seperti halnya Zulaikha yang tergoda oleh ketampanan Yusuf as.
Oleh karena itu hendaklah wanita tidak mudah terkecoh oleh sekedar ketampanan laki2 sedangkan dia mengabaikan kepribadian dan akhlaqnya.

9. Jika masih perawan respon seksualnya lebih hangat
Kelebihan perawan :
a. Mulutnya lebih segar
Maksudnya sangat sensitive dg laki2 bukan mahram shg bila bertemu suaminya ia akan berdebar dan mendebarkan hati suaminya.
b. Rahimnya lebih bersih
Karena memang dia belum pernah tersentuh oleh laki2 shg kesuciannya terjaga.
c. Ridho menerima belanja yang sedikit
Karena ia belum pernah menerima perlakuan materi dari laki2 sebelumnya shg ia tidak dapat membuat perbandingan dg yang lain. Ia merasa cukup dengan cinta yang diberikan oleh suaminya.
d. Respon seksualnya lebih hangat
Dalam memberikan respon kapada suaminya, mereka sangat hangat. Mereka hangta dalam bersenda gurau, bercumbu rayu dan dalam melayani kebutuhan seksual suaminya.. Sedang wanita yang telah janda tidak akan mempunyai kelebihan2 tsb. Oleh karena itu, laki2 yang ingin menikah hendaknya menikah dengan wanita yang masih perawa.

10. Memiliki potensi seksual lebih kuat daripada laki2
Sesungguhnya potensi dasar seksual wanita jauh lebih besar daripada laki2. Hanya karena rasa malu yang besarlah wanita dapat menahan untuk tidak menunjukkan tuntutan seksualnya yang berlebihansehingga sepintas terlihat potensi seksual wanita itu lemah. Oleh karena laki2 wajib memahami hal ini supay dapat memperlakukan istrinya sesuai haknya untuk mendapatkan pemenuhan kebutuhan seksualnya.

11. Bangga dengan kehamilan dari benih suaminya
Sifat ini harus disadari oleh suami karena hal ini menunjukkan bhwa ia menjadi wanita yang normal dan dapat merupakan hal universal dan berlaku sepanjang zaman. Oleh karena itu para suami harus dapat memelihara rasa bangga tsb sehingga dapat meringankan beban istri dalam menjalani kehamilannya. Mereka hendaknya memperlakukan istri dengan kasih, mendampinginya, mengabulkan permintaannya yang baik dan memperhatikan keluhannya.Dengan usaha ini tabiatnya akan terjaga dengan baik.

12. gembira bila dapat melahirkan
Anak merupakan kekuatan pengikat yang paling besar dalam melestarikan kecintaan suami istri. Jika istri dapat melahirkan anak dari suaminya, ia merasa dapat terus melestarikan kecintaannya dengan suami sampai ajal datang kepadanya.

13. Besar sayangnya kepada Anak
Para wanita umumnya, khususnya para ibu, memiliki fitrah/sifat kasih sayang yang sangat besar kepada anak2 terutama yang masih kecil. Oleh karena itu laki2 yang ingin mengambil istri hendaklah memilih wanita yang masih terikat erat dg tabiat besar sayangnya pada anak karena kelak bila ia mempunyai anak mereka akan terurus dg baik dan mendapat kasih dan sayang secara sempurna dari ibu mereka.

14. Suka tidur bersama
Wanita suka tidur bersama baik dengan suaminya maupun dengan saudara perempuannya. Oleh karena itu  para orang tua perlu memperhatikan tabiat ini sehingga dapat menjaga agar anak2 tidak melakukan perbuatan yang tercela. Orang tua hendaknya menasehati agar mereka menggunakan selimut sendiri/ kain penutup sendiri.

15. Selalu butuh dilindungi
Suka berkuasa dan melindungi mrpk fitrah laki2 sedang membutuhkan perlindungan dan penjagaan dari laki2 mrpk fitrah wanita.
Para laki2 yang tidak mampu memberi perlindungan dan penjagaan kepada wanita akan kehilangan kewibawaan di hadapn wanita yang di bawah kekuasaannya.

16. Selalu butuh dinasehati (dikontrol)
Kaum laki2 dianjurkan banyak menasehati kaum wanita sebab pada umumnya kaum wanita dalam melakukan sesuatu lebih dipengaruhi oleh emosi, bukan pertimbangan akalnya. Oleh karena itu mereka sering melakukan hal2 yang merugikan diri sendiri. Hal ini menunjukkan bahwa secara fitrah kaum wanita selalu membutuhkan nasihat dari kaumlaki2 untuk menjauhkan dirinya dari kesalahan dan hal2 yang merugikan mereka.

17. Susah susah gampang di urus
Mengurus waita dikatakan gampang tapi susah. Gampang karena dengan nasihat yang baik pada umumnya wanita dapat diluruskan kesalahannya tetapi nasehat yang baik itu sulit.
Kaum laki2 hendaknya bijak dalam mengurus dan mwmbimbing istrinya / anak2 wanitanya sehingga menjadi wanita yang baik. Jika memberi nasihat hendaklah melakukan dengan cara yang baik.

18. Tidak menurut apabila diperlakukan Lunak
Karena jika diperlakukan lunak mereka tidak akan mengindahkan peringatan tsb. Oki mereka perlu diperlakukan secara tegas yaitu dengan perlakuan yang tidak kasar tp juga tidak lunak.

19. Patuh bila diperlakukan dengan baik
Wanita yang diperlakukan dengan baik akan membuat mereka mjd patuh dan taat kepada yang dapat memperlakukannya dengan baik.
Apabila telah diperlakukan dengan baik tetapi tidak menjadi baik hal ini menunjukkan wanita bersangkutan telah rusak akhlaq dan mentalnya. Untuk menghadapi wanita tsb perlu tindakan keras tetapi tidak sampai membahayakan keselamatan.

20. Mudah Lupa
Kekuatan ingatan kaum wanita lebih lemah disbanding kekuatan ingatan kaum laki2 dalam masalah tertentu. Dalam persaksian hal2 yang terjadi di lingkungan masyarakat, wanita biasanya mudah lupa karena kesibukannya mengurus anak2 dan keluarganya. Oleh karena itu Islam menetapkan perbandingan 1:2 dalam persaksian supaya wanita yang terlibat dalam persaksian dapat saling mengingatkan.

21. Dikuasai emosi
Wanita sangat mudah dikuasai emosi shg tidak lagi mampu mengendalikan dirinya dg logika atau akal sehat. Pengaruh besar emosi pada diri wanita membuat dirinya mudah terkagum2 pada sesuatu yang menarik dan melakukan tindakan yang tanpa disadarinya membahayakan dirinya sendiri.

22. Suka mengeluarkan kata kutukan
Apabila seorang wanita menghadapi hal2 yang tidak disenanginya dengan cepat meluncur dari mulutnya kalimat2 yang penuh dengan makian atau kutukan. Mungkin yang dikutuk itu orang lain yang tidak disenanginya/ bahkan benda yang menyebabkan dirinya sebal dikutuknya jg.

23. Suka menunda melakukan kebaikan
Wnita suka menunda melakukan kebaikan, karena itu wanita sering tertinggal dalam hal melakukan kebaikan. Karena sifat inilah yang menyebabkan kebanyakam wanita menjadi penghuni neraka.

24. Iri kepada laki2
Sifat wanita iri kepada laki2 karena kebodohannya dalam memperhatikan ketetapan2 Allah kepada para hambaNya. Karena sifat ini maka wanita selalu berusaha merebut ketertinggalannya dari laki2 atau melakukan pembangkangan terhadap hak2 khusus laki2.
Untuk menyadarkan kaum wanita atas kekeliruannya jalan satu2nya ialah menanamkan pada mereka aqidah yang benar dan kepercayaan yang benar kepada Allah, rasulNya dan agamanya.

25. Cenderung lebih boros daripada laki2
Wanita lenih sering membelanjakan uang untuk menumpuk pakaian / perhiasan / alat kecantikan untuk mempercantik dirinya karena doronganmempersolek dirinya. Sifat inilah yang membuat wanita pada umumnya boros dalam membelanjakan harta/uangnya.

26. Penggoda laki2
Wanita mempunyai sifat menarik dan merangsang laki2. oki penampilan seorang wanita dengan sendirinya menjadi penggoda bagi laki2 baik wanita itu tampil sengaja untuk menggoda ataupun tidak. Oki Islam membatasi pergaulan bebas antara laki2 dan wanita dan menetapkan cara berpakaian tertentu bagi wanita agar tidak menimbulkan godaan bagi kaum laki2.

27. Suaranya merdu menggoda
Suara perempuan menimbulakan godaan kepada laki2 yang mendengarnya. Apalagi jika diucapkan dengan nada merdu. Oki Allah melarang wanita melunakkan suaranya / memerdukan suaranya bila bicara dg laki2 bukan mahramnya supaya tidak menimbulkan rangsangan seksual laki2 yang mendengarnya.

28. Suka tampil merangsang
Para wanita suka memamerkan dirinya dengan penampilan merangsang. Penampilan ini menurut pelakunya mrpk suatu hal yang wajar dan lumrah sebagai wanita.

29. Gemar meniru penampilan Glamour
Wanita suka meniru keglamouran baik itu dilakukan oleh perempuan kalangan miskin dengan terpaksa shg perbuatan tsb merusak masyarakat. Wanita yang suka meniru keglamouran wanita yang lebih kayak arena ingin tampil menarik seperti mereka.

30. Suka mengabaikan hak suami
Kebaikan yang harus segera dilaksanakan untuk suami adalah
a. segera mengabulkan permintaan suami untuk bersebadan
b. segera menyiapkan makan/minum untuk suami
c. segera melaksanakan perintah suami
d. membatalkan ibadah sunnah untuk memenuhi ajakan suami dalam bercengkerama
Hal2 tsb umumnya diabaikan oleh para wanita atau istri karena mereka menganggap dirinya punya hak yang sama terhadap suami dalam kehidupan bersuami istri.

31. Suka mengingkari kebaikan suami
Wanita suka menganggap kecil kebaikan2 suami kepadanya bahkan tidak segan2 mengingkari kebaikan yang suami lakukan pada dirinya. Ia lebih sering mengutarakan pahit getir perlakuan suami kepada dirinya walaupun kecil tetapi menganggap seolah2 tak pernah ada kebaikan2 suami yang banyak.

32. Lebih kuat rasa cemburunya
Kaumwanita mempunyai rasa cemburu lebih kuat disbanding laki2. tindakan yang dilakukan karena dorongan rasa cemburu tanpa memikirkan apakah tindakannya benar/salah. Ketika dia menyadari suatu perbuatan yang ditimbulkan oleh dorongan cemburu itu salah, barulah ia mau mengakui salahnya.

33. Pemicu fitnah
Wanita dianggap sebagai pemicu bagi laki2 untuk melakukan hal2 tercela sebagaimana setan menimbulkan bisikan2 dan khayalan2 indah pada manusia untuk melakukan perbuatan haram. Wanita mrpk pemicu fitnah bagi laki2 karena disebabkan karena emosinya yang menonjol shg muncul keinginan untuk menyebar fitnah agar dapat memuaskan emosinya. Penampilan fisik wanita di mata laki2 mrpk fitnah seksual kepada kaum laki2. Oki wanita harus berpakaian sesuai yang ditetapkan Islam dan menjuhi pergaulan bebas sehingga tidak menimbulkan fitnah dalam masyarakatnya.


34. Tipu dayanya hebat
Pandai melakukan tipu daya terhadap laki2 adalh satu sifat dan tabiat wanita. Ia melakukan tipu daya ini dengan berpakaian tidak Islami dan bergaul bebas sehingga merangsang laki2 untuk berbuat zina.

35. Suka meratap kematian
Sudah menjadi pembawaan kaum wanita bila mendapat musibah kematian salah seorang anggota keluarganya, mereka meratap begitu rupa untuk menunjukkan kesedihan.